Boleh saja India sarangnya motorsport.
Namun kalau membicarakan kreatifitas mereka kudu belajar kepada para
modifikator kita. Coba brother sambangi atau cari dari mbah google
modifikasi FZ16….hasilnya biasa-biasa saja alias tidak terlalu istimewa.
Paling kita hanya menemukan modifikator atau tuning house dari
Daytona. Yah…kalau itu sih nggak usah heran lawong spesialis khusus
dari Jepang. Sedangkan Byson yang baru berumur 4 bulan mengaspal
ditanah air….sudah bermunculan hasil-hasil modifikasi mencengangkan.
Diramu oleh modifikator rumahan…kalau bahasa kerennya home industri.
Tapi hasil…lumayan bikin geleng-geleng kepala. Oke sebagai contoh lihat
foto-fot0 dibawah…..
Motor diatas sudah pernah nampang
dimajalah otomotif roda dua tanah air. Dengan dibantu oleh LENT
Automodified…sang modifikator melengserkan rear lamp yang berada
dispatbor dan dipindah kebody belakang seperti lazimnya motorsport tanah
air. Kesan nungging sangat terasa…..apalagi kalau malam hari, sebab
tahu sendiri jika malam kesan deprok sangat mengurangi gagahnya Byson
akibat design lampu belakang yang terlalu kebawah. Biar menambah keren rear
lamp regular diganti LED type layaknya Pulsar. Tanki juga dipermak
menjadi lebih besar lagi. Untuk mengimbangi gambotnya tanki maka mesin
depan dipasang engine cover. Secara total untuk bodykit habis 2,5juta.
Itu diluar rem cakram belakang, sproket gear serta ban depan belakang.
Kendati minim ubahan, Byson diatas
terasa sangat beda berkat touching stiker pada keseluruhan
bodynya. Dikerjakan oleh anak Solo…hasilnya sangat halus dan kelihatan
rapi. Dari sisi sikebo…body hanya ditambah cover engine (350ribu), cover
shock (150ribu) berbahan fiber. Selebihnya pemindahan plat nomor dari
head lamp kebawah lampu….
Sedangkan Byson diatas konsep mirip
dengan Byson pertama. Hanya saja dari sisi shroud tanki diubah desainnya
supaya kelihatan menyatu dengan cover engine dibawahnya. Striping
bawaaan dilengserkan untuk menambah kesan dinamis dan elegan.
Hasilnya….mantap!!!
Setelah warna putih ternyata Byson merah
juga tidak mau kalah. Bro Affan sang owner nampaknya sudah gatal
kendati plat nomer belum turun. Maka rupa Byson langsung diubah.
Terlihat jelas sproket gear sudah mengadopsi Sinnob. Ban juga makin
besar dengan ukuran depan: 120/60, dan belakang: 150/60 BT 90.
Yah…paling tidak untuk menebus ban saja 2,8juta……Battlax gitu loh.
Berturut-turut…gold handgrip, kondom knalpot karbon serta jok tidak
luput dari sentuhan. Biayanya mahal dong ya..?? pastinya. Namun kepuasan
tidak bisa dinilai dengan uang mungkin berlaku disini…..
Semua image diatas saya dapatkan dari
Yamaha Byson fun club. Rata-rata para brother Byson ternyata tidak perlu
merogoh kocek terlalu dalam untuk menghasilkan tampang tunggangan
tambah cakep seperti gambar diatas. Berkisar antara 1 – 4juta…..cost
kecil untuk hasil maksimal. Semua tentu berkat jasa para rumah
modifikator ulung tanah air. Tercatat ada 2 bengkel yang disebut-sebut
oleh para brother kita yaitu LENT Automodified dan Gwan motor. Kalau
ingin tahu lebih jauh tentang kedua bengkel, bisa minta bantuan mbah
Google aja. Nah….percayakan sekarang kalau racun Byson makin menggila.
Modifikator India…??? putus bleh!!!!…..(iwb)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar